5 Faktor Penyebab Smartphone Lemot Dan Cara Mengatasinya

Dari waktu kewaktu, performa smartphone anak berangsur menurun. Disaat itu juga, mungin Anda belum mempunyai cukup uang untuk mengganti ke tipe yang lebih baru.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita mengetahui penyebab smartphone menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasinya. Ada 5 faktor yang umum menjadi penyebab lemotnya smartphone yang kita gunakan.

Penyebab Smartphone Menjadi Lemot Dan Cara Mengatasinya



1. Memori Penuh

Seiring banyaknya file yang anda simpan. Maka, kecepatan memori internal smartphone anda akan berkurang. Bisa jadi disebabkan oleh cahce yang tidak terlihat atau backlog aplikasi, foto, dan video yang tidak dihapus selama bertahun-tahun.

Anda dapat melakukan factory reset untuk memulihkan kecepatan perangkat anda. Namun anda juga harus membackup data-data penting ke penyimpanan lain terlebih dahulu. Dan sebaiknya dari awal anda menyimpan foto, music, video, dan lain sebagainya di memori eksternal seperti micro SD, dan sebagainya. Atau dengan opsi lainya seperti menyimpan data ke layanan storage berbasis cloud.


2.Degradasi Memori

Ram, baterai dan memori di dalam smartphone juga bisa megalami degradasi. Seiring seringnya aktivitas penulisan dan penghapusan data (write cycle) yang dapat perlahan mengurangi performa smartphone.

Rating memori smartphone juga jarang diungkapkan, tidak seperti memori flash semacam SSD yang biasanya memiliki rating daya tahan yang dinyatakan dalam Drive Write Per Day (DWPD) atau Terabytes Written (TBW). Tapi umumnya memori smartphone juga dapat bertahan selama bertahun-tahun.


3. Aplikasi “Background”

Banyak pengguna smartphone yang kerap mengunduh aplikasi yang hanya sekali-kali saja di pakai. Aplikasi itu kemudian dibiarkan menumpuk, sehingga banyak yang berjalan di latar belakang.

Smartphone juga hanya memiliki Ram, Cpu, dll yang sangat terbatas. Sehingga kamu harus cerdas dalam menetapkan aplikasi apa saya yang harus disimpan.


4. Baterai Menurun

Selain memori, baterai juga dapat memperlambat smartphonemu. Anda juga akan merasakan baterai cepat habis setelah tiga atau dua tahun kedepan.

Baterai yang telah using juga dapat mempengaruhi kinerja program di smarphonemu dan juga dapat mempengaruhi performa memori smarphonemu.  Dengan begitu, maka rawatlah baterai smartphone mu dengan cara tidak menggunakannya ketika sedang mengisi daya. Dan juga hindari mengisi daya smartphonemu ketika baterai sudah benar-benar habis.

baca juga : 5 Tips mengeCas Hp agar baterai tetap sehat


5. Selalu Update Software

Segeralah lakukan update apabila ada pemberitahuan update software. Dikarenakan bisanya update software bertujuan untuk memperbaiki masalah di system sebelumnya.

Meskipun kadang setelah update malah semakin buruk. Namun para developer tidak akan membiarkan suatu masalah pada sistemnya maka dari itu seringlah memeriksa update software di menu settings -> about -> sytem update lalu pilih check.

Belum ada Komentar untuk "5 Faktor Penyebab Smartphone Lemot Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel