4 Hal yang wajib diketahui dalam memilih hardware Pc

Bagi sebagian orang khususnya para pelajar dan pekerja kantoran, PC atau personal computer adalah suatu berguna kehidupan mereka. Dalam sebuah PC, banyak yang dapat dilakukan mulai dari browsing, main game dan lain sebagaiinya. Dalam kehidupan sehari-hari, PC dapat dibagi menurut fungsinya mulai dari PC kantoran, PC gaming, dan lain sebagainya.

Tldak sedikit orang yang merelakan uang jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta hanya untuk merakit sebuah PC. Bahkan mereka rela menghabiskan uang banyak untuk memenuhi hasrat dalam merakit PC sesuai keinginannya. Menurut sebagian orang di Indonesia merakit PC juga menjadi sebuah hobi. Karena menurut mereka, kegiatan merakit PC itu sebuah hal yang mengasyikkan yang dapat melatih ketelitian serta kehati-hatian.

Di dalam PC terdiri dari banyak komponen, mulai dari Motherboard, CPU, RAM, GPU/VGA, PSU, Case Dan Can Case. Kita juga dituntut sabar dalam merakit PC. Karena, belum tentu PC yang anda rakit dapat menyala dengan baik. Pada artikel berikut ini saya akan membagikan 4 Hal yang harus anda ketahui sebelum merakit PC bagi anda yang ingin merakit sebuah PC sendiri.

4 Tips yang wajib diketahui ketika memilih hardware Pc :


1. Sesuaikan Budget/Dana yang dimiliki


Yang pertama, kita harus menyesuaikan budget terlebih dahulu. Tentu saja budget yang kamu punya akan menyesuaikan Hardware PC. Misalnya kamu datang ke toko X kamu akan ditanya berapa budget yang kamu miliki..? Nanti toko X akan merakit PC sesuai dengan budget yang kamu miliki.

2. Pilihlah komponen sesuai kebutuhan


Dalam merakit PC, kita juga harus merencanakan untuk Apa PC yang akan kita rakit nanti. Pilihlah spesifikasi hardware kategori Low-Medium jika tujuannya hanya untuk mengerjakan tugas.  Sebaliknya, pilihlah spesifikasi PC yang kategori Medium-High jika kebutuhanmu fokus bermain game. Jika anda seorang yang sering mengedit video (content creator) maka pilihlah Hardware CPU yang memiliki banyak Core dan banyak Thread seperti misalnya AMD Ryzen.

3. Perhatikan kualitas komponen dan bandingkan harga

Bagi kamu, seorang mahasiswa yang memiliki budget minim, namun ingin sekali merakit PC. Anda dapat mencoba membeli hardware second di toko yang menjual hardware dalam kondisi second. Tapi perhatikan juga kondisi kompone tsb, apakah masih bagus atau sudah mulai rusak. Dan yang paling penting kamu juga harus pintar dalam membandingkan harga toko Komputer satu dengan toko komputer yang lainnya. Karena setiap toko komputer pasti memiliki harga yang berbeda-beda.

4. Pilihlah PSU yang bagus

PSU atau Power Supply merupakan hardware yang paling penting dalam sebuah PC. Sebab PC kita tidak akan dapat menyala apabila tidak ada PSU. Karena kegunaan dari PSU adalah menyuplai listrik. Pilihlah PSU dengan sertifikat 80+, sebab sudah terjamin kualitasnya. Karena jika kita salah dalam memilih sebuah PSU, itu dapat membuat PC kita rusak.

Belum ada Komentar untuk "4 Hal yang wajib diketahui dalam memilih hardware Pc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel